MASJID HIDAYATULLAH PONTIANAK

MASJID HIDAYATULLAH PONTIANAK

Rabu, 05 November 2008

SEKILAS PANDANG YAYASAN HIDAYATULLAH



Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah ( YPPH ) Balikpapan adalah salah satu pondok pesantren di Indonesia yang memiliki kekhasan tersendiri dibanding dengan pondok pesantren lainnya.
Spesifikasi (kekhasan) pondok pesantren ini terutama pada konsistensinya yang kuat sebagai pondok pesantren “Pencetak kader dakwah” yang didasarkan pada filosofi perjalanan Rasulullah SAW,dengan metode (manhaj) Sistematika Nuzulnya Wahyu. Ide dan metode pendidikan ini merupakan Kontinuitas dan pengembangan dari gagasan besar Almarhum ustadz Abdullah Said selaku perintis dan pendiri Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan.
YPPH didirikan diBalikpapan pada tanggal 03 Dzulhijjah 1393 H bertepatan dengan tanggal 07 Januari 1973, pemrakarsanya adalah Almarhum Ustadz Abdullah Said, putra Bugis Makassar yang semula bernama Muhsin Kahar yang Hijrah ke Balikpapan pada tahun 1969.
Pada awal berdirinya sekretariat pesantren bertempat di rumah HM Rasyid dijalan Gunung Sari,Balikpapan. Dengan bertambahnya kesadaran ummat untuk berislam dengan baik, akhirnya membuahkan simpati seseorang dermawan H. A. Mappasosong untuk mewakafkan tanahnya seluas 0,5 Ha dikarang bugis.
Pesantren Hidayatullah semakin berkembang dan memantapkan diri setelah berdomisili di Gunung Tembak di atas tanah seluas 3 Ha atas wakaf H. Darman melalui petunjuk Walikota Balikpapan saat itu H. Asnawi Arbain. Dan memasuki lokasi yang masih penuh dengan hutan semak belukar tersebut pada tanggal 03 maret 1976. selang lima bulan kemudian tepatnya hari kamis tanggal 05 Agustus 1976 Pesantren Hidayatullah diresmikan oleh Menteri Agama yaitu Prof. Dr.H.A. Mukti Ali,MA.

Saat ini kader-kader Hidayatullah telah bertebaran di seluruh penjuru nusantara. Mereka terjun bebas ke berbagai daerah tampa bekal materi yang memadai. Bekalnya hanya semangat dan keyakinan yang selalu digelorakan oleh Ustad Abdullah Said. Ungkapan beliau yang berkesan sampai sekarang adalah * Tidak perlu khawatir anda berdakwah di Balikpapan, di Jakarta, di Irian, dan dimana saja. Allah di Balikpapan sama dengan Allah di Jakarta, di Irian dan di mana saja.

“Terbinanya umat yang beriman, berilmu dan beramal shalih dalam rangka mengabdi kepada Allah dan mengharap keridlaan-Nya “.

Yayasan Hidayatullah Kota Pontianak merupakan Salah satu Cabang yang tersebar diseluruh Indonesia.
Adapun susunan pengurus Yayasan Hidayatullah Kota Pontianak adalah sebagai berikut:

Ketua : M. Fajarianto, ST
Sekretaris : Sawab
Bendahara : M. Darwis, Spd,I
Bidang - Bidang
1, Dakwah dan Pendidikan : Ust. Erwansyah,SAg
2, Ekonomi : Gusti Iwan Adi Saputra, SE
3. Kepemudaan : Wandra Irfandi, SPd


Ada Pun Program yang saat ini kami laksanakan adalah:
1. Penyantunan anak Yatim Piatu
2. Penyantunan Kaum Dhuafa
3. Pendidikan

Tidak ada komentar: